Saturday, January 9, 2010

Si Jalal: Loper Koran

05.00 ba'da subuh. Dengan memulai memencet tombol hijau, maka itu munculah secara ajaib gambar pada layar kaca orang orang bersafari berdasi tersenyum haha hihi. Berita tv pagi ini.... "Mobil seharga 1.3 Milyiar untuk para Pejabat Republik ini... untuk menunjang keperluan dinas bla, bla, bla"
Si Jalal dengan masygul mengikuti itu berita sampai habis, sampai gak sadar sarung yang baru dipake itu buat sembahyang subuh sudah jadi kucel tidak berbentuk diremas-remas akibatnya.
Tiba-tiba satu teriakan plus diiringi memencet tombol merah "MAMPUSLAH KAU PARA KORUPTOR..." Gambar orang lagi melambaikan tangan dari dalam mobil telah menjadi hitam gelap, hilang ditelan bumi. Ajaib. Jalal telah menjadi pembunuh, pembunuh yang mulia. Puaslah Jalal saat itu juga.

"JALAAAAAALLLLL...." teriakan cempreng perempuan membuat Jalal tersadar dari kepuasannya.
"IYAAA MAAAKKK..." Jalal keluar rumah menghampiri sumber suara. Didapati emak kandungnya sedang menyapu halaman. Oh rupanya sudah waktunya Jalal untuk minggat dari rumah, setelah cium tangan ke emak. Melakoni lakon sebagai loper koran. Melayani 40 pelanggan setianya dengan Federal MTB 2000. Dengan gesit menuju ke agen koran Bang Bonar, beradu cepat dengan matahari.

Dia lah si Jalal, Jalal Saputra kalau kau lihat KTPnya, inilah sahabat saya yang masih sempat sedikit saya cerita tentang dia. Sedikit saja, jujur saja saya lupa banyaknya seperti apa... Sangat banyak sekali, berkali-kali, bukan sekali-sekali. Punya Ibu satu, adik satu, Bapak satu (alm. ketika dia kelas 1 smp), sejak saat itu yang membuatnya putus sekolah karena janji Wajib Belajar hanya lah janji, dan dilantiknya dia menjadi loper koran bukan juga karena kebetulan, ingin dia menjadi pembalap sepeda, tapi tetap senang walaupun begitu, karena dia adu balap juga sesama loper koran). Rumahnya di daerah Kebon Kacang. Itupun warisan bapaknya.

Akh, Jalal.... mulai sekarang saya akan mencoba mengingat semua kenangan saya tentang kamu... biar saya tulis di blog ini, biar semua orang pada tau tentang kamu, biar kamu bisa dikasi sepeda minimal POLYGON XSTRADA seperti teman saya di kantor tiap pagi.

Welcome Back Jalal.....


.....................................



P.S: butuh masukan buat nulis beginian. :)

2 comments:

Unknown said...

terus...??

ini msh bersambung apa pagimane??

Billy Koesoemadinata said...

hebat bener si jalal, matiin tipi doang bisa langsung ngematiin para koruptor dan juga menteri penghambur uang rakyat

dukung!!!